PSTF Gelar Workshop Keaktoran bagi Mahasiswa

Jember (20/7/2022). Program Studi Televisi dan Film (PSTF), Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember mengadakan Workshop Keaktoran bagi mahasiswa dengan menghadirkan dua narasumber Rendra Bagus Pamungkas dan Berti Galang Dwi Febrianto aktor film dan teater alumnus dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta beberapa waktu lalu. Penyelenggaraan kegiatan workshop keaktoran ini berkaitan dengan peningkatan softskill mahasiswa yang sedang menempuh studi di Program Studi Televisi dan Film (PSTF).

“Kegiatan workshop ini untuk mendukung program kemendikbudristek maupun Indikator Kinerja Utama (IKU) Universitas Jember. Selain itu, setelah kegiatan workshop keaktoran akan diikuti dengan program pembuatan film pendek yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa PSTF di berbagai ajang festival film nasional.” Jelas M. Zamroni, S.Sn.,M.Sn. Koprodi Program Studi Televisi dan Film.

Rendra menyampaikan materi workshop bagaimana seorang aktor harus memiliki kemampuan dalam menganalisis teks. Hal ini penting untuk mendapatkan informasi terkait naskah, seperti: latar dan waktu peristiwa, usia tokoh hingga dimensi tokoh dalam produksi film.. Sedangkan, Galang mempresentasikan materi workshop mengenai olah tubuh, vokal, emosi, analisis tokoh dan improvisasi sebagai aktor.

Beberapa film yang sudah dibintangi oleh Rendra antara lain: Mengejar Embun ke Eropa (2016), Wage (2017), Gundala: Negeri ini Butuh Patriot (2019), dan Lampor: Keranda Terbang (2019). Sementara itu, Galang terlibat dalam produksi beberapa film yaitu: Rumah Aya (2020), Wasiat (2020), Ambang (2021), dan Pertaruhan The Series (2022).

Kegiatan workshop keaktoran ini merupakan kegiatan awal yang akan dilanjutkan dengan kegiatan workshop penulisan naskah. [BAK]