Nyanyikan Lagu Elvi Sukaesih, Mahasiswi FIB Sabet Juara I Pekan Seni Mahasiswa

Jember [17 Juni 2022].

Zunita Sari Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Angkatan 2018 berhasil menyabet Juara I Tangkai Lomba Menyanyi Dangdut Pekan Seni Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Jember pada tanggal 16 Juni 2022. Zunita pada saat lomba mendendangkan lagi berjudul Bimbang yang dibawakan oleh Elvy Sukaesih. Keberhasilannya meraih predikat juara I ini mengharuskan Zunita mewakili Universitas Jember untuk berkompetisi ke Pekan Seni Mahasiswa Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, pada tahun 2020 Zunita juga meraih juara ke-3 pada ajang yang sama.

Raihan prestasi di bidang menyanyi dangdut tidak lepas dari passion Zunita yang memang semenjak kecil sudah menyukai musik dangdut. “Iya, sejak SD saya sangat menyukai musik dangdut.” Kata dara asli Tegaldlimo Banyuwangi ini.
Lagu dangdut Banyuwangi merupakan lagu awal mula Zunita tertarik dengan dunia tarik suara. Selain menggemari lagu dangdut Banyuwangi juga menyukai lagu-lagunya Didi Kempot.
Keandalannya menyanyi dangdut kian terasah seiring dengan berjalannya waktu. Zunita sering menyumbang nyanyi di hajatan, kemudian ikut kuade keliling, dan jika ada event sekolah. Ketika SMA hanya bergabung dalam padus, teater, menyanyi ketika ada event saja dan karawitan.

“Saat ini pun, saya tetap menekuni menyanyi meskipun disibukkan dengan kuliah. DI kampus saya bergabung menjadi sinden karawitan, nyanyi di cafe dengan tetap menyanyikan lagu campursari maupun dangdut.” Kata penggemar penyanyi dangdut Elvy Sukaesih dan Listi ini.

Zunita Sari memiliki harapan bahwa mungkin ke depannya, musik dangdut di kalangan kampus lebih mudah di terima. “Jika dangdut klasik sulit maka dicoba dengan lagu dangdut kontem seperti lagunya didi kempot maupun denny caknan dan sebagainya. Jika seperti ini, perlahan dangdut akan lebih disukai dan menjadi warna musik yang dilestarikan.” Ujar Zunita sari menutup wawancara. [BAK]