Penelusuran Buku dan Jurnal Ilmiah Pada “Springer Link” di FIB Belum Maksimal

Upaya Universitas Jember yang sudah bekerjasama dengan penerbit terkemuka “Springer” melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Perpustakaan sepertinya masih belum maksimal diakses oleh sivitas akademika terutama dosen. Salah satunya terlihat ketika tim UPT Perpustakaan mensosialisasikan penelusuran buku dan jurnal yang dapat di download secara bebas khususnya bagi sivitas akademika pada Selasa, 7 Februari 2017 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Taufik, selaku pemateri menyampaikan bahwa belum semua buku dan jurnal di download oleh UPT Perpustakaan mengingat jumlahnya yang ribuan, namun demikian beberapa folder sesuai dengan disiplin ilmu sudah tersedia dan dapat didownload secara gratis. Sayangnya paparan sosialisasi tersebut hanya dihadiri oleh beberapa dosen saja dan tidak semuanya dapat secara gamblang menerimanya dengan jelas. Hal yang menjadi perhatian di Fakultas Ilmu Budaya rupanya belum banyak judul buku dan jurnal terkait dengan disiplin ilmu ada dalam penelusuran Springer terutama yang dapat di download secara gratis. Salah satu contoh yang dipertanyakan oleh Samudji, guru besar linguistik dan beberapa dosen Sastra Inggris (Hat Pujiati, L. Dyah Purwita) yang menanyakan judul dan jurnal buku yang berkaitan dengan jurusan Sastra Inggris (linguistik atau sastra).

Sebagaimana diketehui, Springer menaungi banyak buku dan jurnal dan senantiasa menerbitkan buku-buku acuan yang ditulis oleh peneliti di berbagai belahan dunia yang sebagian besar berbasis pada hasil penelitian. Universitas Jember telah bekerjasama dengan Springer dengan nilai kontrak hampir 1,5M, kata Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya, Albert Tallapessy. Albert meminta kepada UPT Perpustakaan untuk menampung kebutuhan dosen di Fakultas Ilmu Budaya yang memerlukan akses buku dan jurnal yang mungkin belum tersedia di Springer yang dapat diakses secara bebas.

Untuk melakukan login dan dapat mendownload buku serta jurnal bebas di Springer, UPT Perpustakaan telah melakukan pendataan sivitas akademika (dosen) melalui email resmi institusi untuk itu Tofik menghimbau kepada dosen untuk melakukan aktivasi email institusinya dengan benar dan apabila belum memiliki diupayakan untuk segera mendaftarkan diri ke UPT TI dan melakukan registrasi emailnya ke UPT Perpustakaan. Sementara itu menanggapi beberapa pertanyaan terkait dengan Springer yang belum memuaskan dosen Fakultas Ilmu Budaya, Tofik mengajak dosen untuk menghadiri paparan langsung oleh pihak Springer yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Februari 2017 di UPT Perpustakaan.

Written by