REPRESENTASI PERAN PEREMPUAN DALAM IKLAN TOP WHITE COFFEE VERSI RALINE SHAH

 

 Imti Mukhasanah

 

Abstrak

Televisi dianggap sebagai media hiburan yang mudah, murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Iklan televisi menjadi salah satu media yang banyak diminati pengusaha untuk mempromosikan produk atau jasa. Sebagai daya tarik pesan dalam iklan, sineas menggunakan perempuan sebagai objeknya. Perempuan direpresentasikan sebagai bukan dirinya melainkan orang lain. Berbagai simbol feminisme digunakan oleh sineas iklan untuk membentuk perempuan sedemikian rupa sesuai dengan realita sosial yang selama ini dianggap sepantasnya, namun ternyata terdapat bias gender yang dilekatkan. Penelitian ini termasuk dalam jenis kualitatif dengan metode penulisan deskriptif. Pendekatan semiotika Charles S Peirce yang digunakan dan diharapkan mampu mengungkapkan makna dibalik simbol feminisme. Metode observasi tak berperan, perekaman, dan studi pustaka digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian memperlihatkan adanya perempuan dalam iklan yang direpresentasikan sebagai karakter feminin melalui tata rias atau wardrobe, aksesori dan simbol feminisme lainnya yang digunakan dalam iklan.

 

Kata Kunci : Iklan, Representasi, Semiotika ,Simbol Feminisme

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply