Pidato Ilmiah “Historiografi Lingkungan: Konteks, Praktek, Dan Prospeknya di Indonesia”

IMG_4795

Prof. Dr. Nawiyanto, M.A, Ph.D dalam orasi ilmiah pengukuhan guru besarnya mengambil judul “Historiografi Lingkungan: Konteks, Praktek, Dan Prospeknya di Indonesia” (12/10) di gedung Soetardjo Universitas Jember.

Mengawali pidatonya, Prof. Nawiyanto berkisah jabatan fungsional profesor/gurubesarnya di bidang Sejrah Ekonomi dan lIngkungan berdasarkan diterimanya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada Kamis sore tanggal 7 Januari 2016 dimana jabatan guru besarnya terhitung sejak tanggal 1 Agustus 2015.

Pendahuluan

Sejarah lingkungan merupakan spesialisasi sejarah yang masih terabaikan di Indonesia. Proyek sejarah nasional sebagai ekspresi minat kolektif kaum sejarawan dalam menjalankan fungsi sebagai penjaga masa lampua (the guardians of teh past) mencerminkan keadaan ini. Sejarah Nasional Indonesia yang disunting oleh Profesor Sartono Kartodirdjo, Et. Al. (1975) sama sekali belum memberi ruang bagi ekplanasi historis mengenai relasi masyarakat dengan lingkungan. Hal ini mungkin masih bisa dimaklumi mengingat ada isu-isu lain yang dirasakan lebih mendesak untuk diperhatikan, sedangkan isu-isu sejarah lingkungan sendiri belum populer di kalangan sejarawan Indonesia. Akan tetapi masalahnya menjadi berbeda ketika fakta tidak adanya pembahasan tentang hubungan manusa dengan lingkungan dikaitkan dengan karya akademis kolaboratif yang lebih mutakhir, misalnya dalam karya monumental dengan editor umum Profesor Taufik Abdullah dan Adrian B.Lapian (2012) yang bertajuk Indonesia Dalam Arus Sejarah. Dalam buku babon sejarah Indonesia versi baru ini, lagi-lagi pembentukan dan keruntuhan dinasti kekuasaan, perkembangan peradaban Islam, kolonialisasi Barat dan perlawanan bersenjata, gerakan kebangsaan dan dekolonisasi, dinamika politik pasca kolonial dan isu-isu politik dan sosial lainnya masih menjadi fokus utama. Isu-isu lingkungan sama sekali belum mendapat tempat dalam pembahasan.

IMG_4679Curriculum Vitae

Nama                 : Prof. Drs. Nawiyanto, M.A., Ph.D

NIP                     : 196612211992011001

Ttl                       :  Klaten, 21 Desember 1966

Jabatan              : Profesor

Pangkat/Gol     : Penata Tk.I / IIId

Alamat Rumah : Jalan Danau Toba No.38 Jember

Telepon              : 0331-336486; 0813939211957

e-mail                 : snawiyanto@gmail.com

 

 

 

Written by