Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Belajar Sukses Menjadi Enterpreneurship

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Belajar Kiat Sukses Enterpreneurship

Menggugah Mahasiswa Sukses Sebelum Usia 30 Tahun

Fakultas Ilmu Budaya Universtias Jember (FIB-UNEJ) pada 30 Mei 2017 mengumpulkan mahasiswanya untuk berbagi sukses dengan motivator entrepreneurship Jember, Handinata Santoso. Ratusan mahasiwa FIB-UNEJ sangat bersemangat mengikuti kiat-kiat sukses dari alumni Apoteker UBAYA. Wakil Dekan III, Wisasongko dalam sambutannya mengajak mahasiswa untuk belajar sukses walaupun sedang kuliah. Wisasongko berkisah tentang seseorang yang sukses dan telah berhasil keliling dunia walaupun usianya masih muda. Wisasongko juga menggugah mahasiswanya untuk mengubah mindset setelah lulus bukan lagi mencari kerja tapi bisa memberikan lapangan kerja.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Belajar Kiat Sukses Enterpreneurship
Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Belajar Kiat Sukses Enterpreneurship

Kiat Sukses Handinata Santoso

Handinata Santoso asli dari Jember dan lahir di Jember. Handinata lulus sebagai sarjana Farmasi di UBAYA tahun 2010 dan lulus sebagai Apoteker tahun 2011, kata Ana Hariyani yang mengaku masih berstatus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) angkatan 2016. Handinata mengisahkan kesuksesannya diawali perjalanan terjun di dunia usaha berawal dari keadaan keluarganya dimana orang tuanya yang PNS saat masuk kuliah sudah purna atau pensiun. Dengan modal yang terbatas Handinata mencoba usaha kecil dengan berjualan sirup markisa. Dengan modal keuletan dan pengalamannya, Handinata dapat bertahan hingga lulus menjadi seorang Apoteker dan menjadi seorang yang sukses dalam entrepreneurship. Handinata ingin berbagi pengalaman tersebut kepada mahasiswa FIB-UNEJ. Handinata mengaku sudah beberapa kali berbagi ilmu yang sama di Universitas Jember di 3 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonimi dan Bisnis (FEB), Fakultas Pertanian dan sekarang di Fakultas Ilmu Budaya (FIB).

Sukses Diusia Belia Sebleum 30 tahun

Handinata mengajak mahasiswa yang cenderung masih memiliki semangat, tenaga, dan pemikiran yang sudah teruji sebagai mahasiswa untuk berbuat sesuatu yang menghasilkan dalam prinsipnya “Sukses Diusia Belia Sebelum Kita Berumur 30 Tahun”. Handinata bersama komunitas “YES Young Entreprenership Squad” di Jember membuka lebar para mahasiswa FIB untuk bergabung dan belajar bersama menjadi entrepreneruship sukses di Jember.

Belajar Sukses dari Pengalaman

Belajar entrepreneurship dari pengalaman dan dipandu oleh para entrepreurship yang sukses. Handinata bertutur ketika mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono menyatakan bangsa Indonesia yang masih berkembang ini dibutuhkan minimal 4% warganya harus berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan. Sementara mindset mahasiswa kebanyakan setelah lulus justru mencari pekerjaan. Handinata sangat pesimis dengan keadaan pencari kerja lebih banyak dibandingkan dengan lapangan pekerjaan. Untuk itu senada dengan Wakil Dekan III, Wisasongko, Handinata mengajak mahasiswa untuk bersama menjadi pengusaha dan menyediakan lapangan kerja sebelum lulus daripada setelah lulus malah menjadi salah satu pencari kerja.

Semoga kiat sukses menjadi entrepreneurship dari Handinata mengubah mindset mahasiswa untuk sukses sebelum lulus kuliah. 

Written by