Rektor: Ketersediaan Informasi UNEJ Harus Bisa Diakses dengan Baik

Pelatihan pengelolaan web di Agrotecknopark, Jubung pada hari selasa, 18 September 2018 dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jember.

Laporan dari ketua panitia, Yusuf, peserta pelatihan sebanyak 102 orang dari pengelola web unit kerja dan mahasiswa penerima beasiswa karya.

Rektor Universitas Jember (UNEJ), Moh. Hasan mengajak kepada segenap pengelola web pada setiap unit kerja untuk lebih rajin dalam update berita kegiatan.

Moh. Hasan melihat banyaknya kegiatan positif yang ada dapat diakses dengan baik oleh seluruh masyarakat. Informasi yang sangat baik tersebut diharapkan menjadi acuan berita bagi stake holder. 

Ketersediaan informasi UNEJ dari berbagai kegiatan kampus. Masyarakat saat ini berburu informasi, dimana informasi itu sangat dinamis luar biasa. Web menjadi media yang sangat efektif dan berpotensi tinggi dengan biaya yang relatif murah.

Ketersediaan informasi tentang Universitas Jember harus dikemas dengan baik dan harus dapat diakses dengan baik oleh masyarakat.

Untuk itu kenapa pelatihan pengelolaan web ini sangat penting. Untuk mendapatkan berita harus benar tinggal bagaimana substansinya dan bagaimana angelnya.

Rektor, Moh. Hasan bersyukur dalam penilaiannya Universitas Jember masuk dalam peringkat 14 perguruan tinggi (PT) di Indonesia dan peringkat 65 PT Asia Tenggara.

Hal itu berdasarkan 4 kriteria penilaian, yaitu:

  1. Present, bagaimana keaslian arsip file yang ada di web
  2. Oppeness, bisa di akses oleh semua lapisan masyarakat
  3. Excellent, bagaimana kinerja, artikel-artikel yang dirujuk dan bisa menjadi rujukan
  4. jujur, benar dalam sumber beritanya

Moh. Hasan menekankan yang harus diperbaiki dalam pengelolaan web adalah kualitas web dan kualitas content beritanya.

Sementara kepala Humas Universitas Jember, Agung Purwanto menekankan kepada editor web untuk menjadikan content berita harus membangun citra yang baik. Berita web UNEJ harus berkaidah pada berita kehumasan. 

Kenyataannya tidak banyak berita kegiatan dari fakultas dapat dilihat di webnya fakultas. Kita butuh pemuatan berita itu dengan baik. Dari beberapa fakultas yang terlihat selalu update seperti FIB, MIPA, Pasca, dan FIB. 

Lebih jelasnya Agung mengingatkan jangan sampai citra negatif yang bersifat personal berakibat pada citra institusi UNEJ. Kita wajib membangun citra institusi Unej yang sudah baik. Segala kegiatan yang baik di setiap fakultas bisa menjadi berita yang dikemas dengan angel yang baik.

Ketika ada indikasi personal yang dapat dijadikan tidak baik terhadap institusi, kita harus bisa mengkounter dengan mediasi yang baik sehingga menjadi berita yang baik.

Contohnya, ketika ada personal apakah dari mahasiswa atau dosen yang terindikasi kasus hukum, maka bagaimana kita bisa menjebatani dalam mediasi baik pada personalnya maupun pada media sehingga institusi UNEJ tetap baik.

Berita kehumasan yang dimaksud adalah berita yang bersifat citra positif, benar dan responsif.

Universitas Jember sebagai Perguruan Tinggi harus bermanfaat bagi Masyarakat. Maka web kita harus menjadi:

  • web yang memadai
  • menjadi sumber berita
  • protocoler standar, dan
  • public speaking 

Written by 

One Reply to “Rektor: Ketersediaan Informasi UNEJ Harus Bisa Diakses dengan Baik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *