MOTIVASI MEMBACA PELAJAR EFL INDONESIA

Dian Puji Yuliandari

 

Abstrak

 

Kajian ini meneliti tentang motivasi membaca pelajar EFL Indonesia dalam bahasa Inggris. Dalam penulisan kajian ini, teori yang digunakan adalah teori motivasi yang dikemukakan oleh Deci & Ryan(2000); motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan pendistribusian kuesioner dan wawancara. Kajian ini meliputi 42 mahasiswa baru angkatan 2015-2016 di sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik sama-sama berpengaruh dalam aktivitas membaca pelajar di sastra Inggris. Motivasi intrinsik yang terdiri dari ‘involvement’, ‘curiosity’, dan ‘preference for challenge’ berperan dalam aktivitas membaca bacaan berbahasa Inggris. Selain itu ditemukan bahwa hal tersebut juga dipengaruhi oleh topik bacaan dan pengalaman pelajar dalam membaca bacaan berbahasa Inggris. Motivasi ekstrinsik terdiri dari ‘competition’ dan ‘recognition’, ‘compliance’ dan ‘grade’, ‘extrinsic test compliance’ dan ‘extrinsic social sharing’. Secara ekstrinsik, dosen berperan aktif dalam memotivasi pelajar untuk membaca bacaan berbahasa Inggris. Dosen dapat membantu untuk meningkatkan motivasi pelajar dalam membaca bacaan berbahasa Inggris melalui aktivitas-aktivitas yang dilakukan di dalam kelas membaca.

 

Kata kunci: motivasi, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik.

 

Leave a Reply