Program Studi Sastra Inggris Jenjang S1 (Sarjana)

1)    Visi

Menjadi jurusan ilmu bahasa, sastra, dan budaya Inggris yang mengedepankan kecakapan kebahasaan dan kajian kritis dengan tetap berorientasi pada pengembangan wawasan lokal dan global.

2)   Misi

  1. Melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran ilmu bahasa, sastra, dan budaya  Inggris  yang  berkualitas  dengan  prinsip kreatif, inovatif, dan kritis serta memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan kajian linguistik, sastra, dan budaya Inggris yang berorientasi pada penalaran kritis dan komparatif berbasis teori-teori kontemporer.
  3. Mendesiminasi hasil-hasil kajian bidang linguistik, sastra, dan budaya Inggris serta budaya lokal – baik dilakukan oleh staff pengajar maupun  mahasiswa –  ke  dalam  media  publikasi berskala nasional maupun internasional.
  4. Melaksanakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat bidang linguistik dan sastra serta budaya Inggris serta budaya   lokal   yang   berorientasi   pada   pemberdayaan masyarakat lokal, tanpa meninggalkan wawasan global.

3)   Tujuan

Tujuan program Studi Sastra Inggris adalah menghasilkan lulusan yang memiliki 5 kompetensi  utama yaitu:

  1. Berwawasan internasional dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kepribadian nasional;
  2. Mampu berbahasa Inggris standar (Southern RP) baik secara lisan maupun tulis pada tingkatan lanjut (advanced level);
  3. Mampu mengadakan pengamatan akademik tingkat pemula terhadap gejala-gejala kebahasaan, dengan penciri khas studi banding, utamanya antara masalah-masalah kebahasaan daerah  atau nasional dengan masalah-masalah kebahasaan Inggris;
  4. Mampu mengadakan pengamatan interpretatif tingkat pemula terhadap fenomena kesastraan baik dalam karya-karya yang telah ada (tertulis) maupun yang sedang berkembang dalam masyarakat, dengan penciri khas inti studi banding utamanya antara masalah-masalah daerah dan nasional dengan masalah-masalah kesastraan Inggris;
  5. Mampu bersaing secara akademik maupun professional, baik dalam sector-sektor kerja akademik maupun praktis nonakademik, dengan penciri khas institusional dalam bidang pelayanan agrowisata.

4)   Capaian pembelajaran

Ahli bidang linguistik Bahasa Inggris dan bidang Sastra Inggris dengan penciri khas studi banding.

5)   Akreditasi

Sesuai dengan SK BAN-PT No. 403/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014 menyatakan bahwa Program Studi Sastra Inggris mendapatkan Peringkat Akreditasi B yang berlaku hingga tahun 2019

 

Situs Resmi http://english.fib.unej.ac.id/