Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Nov 15, 2017 in Berita, feature categori | 0 comments

PENINGKATAN KAPASITAS KINERJA DOSEN TELEVISI DAN FILM

PENINGKATAN KAPASITAS KINERJA DOSEN TELEVISI DAN FILM

Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelolaan kurikulum dan laboratorium pada Rabu, 15 November 2018 melakukan penyusunan kurikulum jasa pelatihan dan pengelolaan laboratorium.

Pelatihan dalam bentuk workshop pemberdayaan peralatan laboratorium, diperlukan strategi dengan arahan pada pengembangan pengelolaan, standar operasional prosedure (SOP) peralatan dan manfaat peralatan tersebut bagi universitas.

Dwi Haryanto menyampaikan bahwah dosen harus mampu mengembangkan dan menyesuaikan dengan perkembangan keilmuan maupun teknologi yang menjadi basic dan core, terutama peningkatan kemampuan soft skills sebagai pendidik dan juga pengelola laboratorium.

Salah satu cara mengembangkan ilmu pengetahuan dan kompetensi dengan meng-upgrade dengan perkembangan teknologi yang ada, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar lingkungan Universitas Jember dan kemajuan Program Studi Televisi dan Film (PSTF).

Langkah strategis yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan penguasaan pengelolaan peralatan serta pemanfaatan peralatan bagi masyarakat adalah dengan meningkatkan kemampuan Dosen Program Studi Televisi dan Film melalui Workshop kurikulum jasa pelatihan.

Upaya ini harus segera dilaksanakan untuk menjadikan laboratorium program studi televisi dan film sebagai tempat untuk melakukan berbagai pelatihan/training dibidang broadcasting. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mensuport Universitas Jember menjadi Badan Layanan Usaha (BLU) sehingga kegiatan ini akan dapat menjadi kegiatan yang dapat menghasilkan pendapatan bagi Universitas.

Kegiatan ini bersifat pengembangan, peningkatan kompetensi dosen selaku pengelola laboratorium. Kegiatan ini dilakukan secara rutin ataupun berkala yang diadakan untuk merespon kebijakan agar terjadi penyesuaian antara kebijakan dengan sumber daya manusianya

Tujuan dari kegiatan “Peningkatan Kinerja Program Studi Televisi dan Film Melalui Pemberdayaan Peralatan Laboratorium dengan Workshop Kurikulum Jasa Pelatihan” adalah meningkatkan profesionalisme dosen di dalam proses pembelajaran dan pemanfaatannya bagi kebutuhan stakeholder. Peningkatan kompetensi ini diharapkan pada dosen memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai terkait dengan peralatan yang dimiliki, sehingga selain dapat mencetak SDM-SDM baru yang mampu beradabtasi dengan perkembangan dunia broadcast saat ini juga bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, kegiatan ini sebagai upaya respon pada jangka waktu penggunaan peralatan dan maintenance. (/hasan)

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »