Hadi Sampurna
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember
Pos-el: hsampurna@yahoo.com
halaman : 196 – 207 PDF
Abstrak
Surat kabar merupakan institusi penyedia informasi yang berperanan penting dalam pembangunan struktur pemerintahan, politik, hukum, ekonomi, pendidikan, dan budaya. Ia melakukan tindakan komodifikasi guna menjaga eksistensi serta memaksimalkan keuntungan usaha. Penelitian dalam kajian bingkai budaya dan media ini menggunakan teori komodifikasi serta menerapkan analisis wacana kritis Norman Fairclough. Hasil penelitian menemukan bahwa Jawa Pos melakukan proses komodifikasi anak muda dalam usaha surat kabar. Hal ini dilakukan anak muda berpotensi besar bagi perkembangan usahanya. Komodifikasi tersebut dilakukan melalui halaman Deteksi yang salah satu programnya kompetisi Development Basketball League. Jawa Pos melakukan proses hegemoni terhadap anak muda secara halus dengan memperkenalkan, membentuk, dan menanamkan wacana yang memikat dan mendorong partisipasi mereka. Hal itu meningkatkan citra dan oplah Jawa Pos yang memperbesar keuntungan secara finansial.
Kata kunci: anak muda, komodifikasi, modern, amerikanisasi