Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Mar 31, 2017 in Summary | 0 comments

Perkembangan Perkebunan Kopi Rakyat Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Pada Tahun 2004 – 2013

RINGKASAN

Perkembangan Perkebunan Kopi Rakyat Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Pada Tahun 2004 – 2013; Zainur Rahman; 110110301039; 2016; 93 halaman; Jurusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember

 

Skripsi ini membahas tentang perkembangan Perkebunan Kopi Rakyat Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember pada tahun 2004 – 2013. Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) faktor-faktor yang melatarbelakangi adanya perkebunan kopi rakyat di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo; (2) perkembangan perkebunan kopi rakyat di Desa Sidomulyo pada tahun 2004 – 2013; dan, (3) pengaruh perkebunan kopi rakyat terhadap kehidupan ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi adanya perkebunan kopi tersebut, perkembangan kopi rakyat, serta pengaruh perkebunan kopi rakyat terhadap masyarakat di Desa Sidomulyo.

Sebagai penelitian kualitatif sejarah, penelitian ini menggunakan metode sejarah yang memiliki beberapa tahapan yakni pemilihan topik, pengumpulan sumber data, kritik sumber data (baik eksternal maupun internal), verifikasi data, interpretasi data, dan historiografi. Penelitian ini menerapkan teori perubahan sosial dengan menggunakan pendekatan sosiologi ekonomi. Pendekatan ini digunakan untuk menganalisis tentang permasalahan yang ada di lapangan, khususnya yang berkaitan dengan sejarah perkebunan rakyat yang ada di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo serta perkembangannya. Tentunya kedua hal itu juga berkaitan erat dengan permasalahan produksi, distribusi dan para pekerja dari penduduk Desa Sidomulyo. Pendekatan tersebut juga sangat berguna untuk mengkaji pengaruh perkebunan kopi rakyat terhadap perkembangan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pengaruh adanya perkebunan kopi rakyat terhadap masyarakat di Desa Sidomulyo yaitu mencakup dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Pengaruh dalam bidang ekonomi yaitu menciptakan lapangan pekerjaan dan menunjang kebutuhan sehari – hari. Usaha-usaha yang terus dikembangkan oleh masyarakat Desa Sidomulyo berdampak pada peningkatan taraf hidup yang lebih baik. Di bidang sosial, dampak yang bisa dirasakan warga adalah adanya peningkatan jumlah fasilitas pendidikan baik formal maupun non formal. Di bidang lingkungan, perkebunan kopi rakyat dapat mengurangi erosi, menambah kesuburan tanah. Lebih dari itu, perkebunan kopi rakty di Desa Sidomulyo juga menjadikan kebakaran hutan dan penerbangan liar tidak ada lagi. Perkembangan perkebunan kopi tersebut juga tidak lepas dari bantuan pemerintah Kabupaten Jember, yaitu melalui program penyuluhan yang dilakukan oleh Kantor Perkebunan Kabupaten jember. Penyuluhan tersebut dapat membantu petani kopi untuk mengetahui cara yang tepat dalam pemeliharaan tanaman kopinya supaya mendapat hasil yang baik.

 

 

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »