Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Feb 27, 2017 in Summary | 0 comments

PESAN MORAL DALAM SERIAL KARTUN ANIMASI UPIN DAN IPIN MUSIM KE-3 EPISODE ISTIMEWA HARI IBU

RINGKASAN

 

PESAN MORAL DALAM SERIAL KARTUN ANIMASI UPIN DAN IPIN MUSIM KE-3 EPISODE ISTIMEWA HARI IBU; Gita Andini Bawono, 120110401007;  2016;  171 halaman; Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember.

Serial kartun animasi Upin dan Ipin merupakan serial kartun animasi yang diproduksi oleh Les’ Copaque, Malaysia. Serial kartun animasi Upin dan Ipin ini berkisah tentang anak kembar bernama Upin dan Ipin yang lucu, polos, usil, dan cerdas. Serial animasi Upin dan Ipin menyajikan cerita yang dikemas dengan ringan, dan mengilhami dari kehidupan sehari-hari masyarakat khususnya dunia anak. Konten serial kartun animasi Upin dan Ipin memiliki nilai pendidikan yang dibuat dengan cara seringan dan semenarik mungkin sehingga mudah dipahami oleh seorang anak. Hal tersebut yang membuat penulis tertarik untuk mengkaji serial kartun animasi Upin dan Ipin sebagai Objek penelitian, karena dapat memanfaatkan tontonan sebagai media tambahan melalui media massa televisi.

Penulis menggunakan metode kualitatif dan memilih menganalisis menggunakan teori kognitif agar dapat mengetahui lebih dalam proses pembelajaran, penalaran, dan cara mengingat seorang anak dalam mencermati dan menangkap suatu pesan dalam sebuah tayangan melalui suatu media yaitu media massa televisi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, FGD, wawancara, observasi, dan studi pustaka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam serial kartun animasi Upin dan Ipin episode Istimewa Hari Ibu terdapat banyak sekali pesan moral diantaranya yaitu kesetiakawanan, pengungkapan perasaan sayang, jujur, kerja sama, cinta, penghargaan, serta rasa syukur. Berdasarkan hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa serial animasi Upin dan Ipin merupakan salah satu program yang menjadi favorit dan banyak ditonton anak-anak. Penayangan serial kartun animasi Upin dan Ipin yang di ulang-ulang memberikan pemahaman yang efektif bagi anak-anak, hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran moral anak akan lebih efektif dan efisien ketika dilakukan secara berulang-ulang. Anak-anak yang sudah sering menonton serial kartun animasi Upin dan Ipin tersebut secara perlahan menirukan berbagai pesan yang mereka cerna baik menirukan kata-kata yang sering diucapkan hingga tindakan/perbuatan yang dilakukan oleh para tokoh dalam serial kartun animasi Upin dan Ipin.

 

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »