Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Dec 5, 2016 in Berita, feature categori | 0 comments

Bulan Bahasa, GP Wiranegara Sumbangkan 5 Film Dokumenter

Bulan Bahasa, GP Wiranegara Sumbangkan 5 Film Dokumenter

fib-film-dokumenter

Seminar Bulan Bahasa pada Senin, 5 Desember 2016, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember mendatangkan dua sutradara dokumenter terkenal, GP Wiranegara dan Hari Suryanto. GP Wiranegara yang kesehariannya seorang dosen di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) adalah produser dokumenter yang beberapa kali meraih penghargaan “Piala Citra” dan sekarang lebih sering menjadi juri dalam berbagai festifal film. Studi film yang sangat terkenalnya yang dalam malam anugerah festifal film Indonesia pada tahun 2005 dinyatakan sebagai film dokumenter terbaik dengan penghargaan “Piala Citra” berjudul “Pakubuwono XII”. GP Wiranata memberikan pengalaman panjangnya dalam pembuatan berbagai film dokumenter kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Film dokumenter adalah representasi atas realita yang bersifat subyektif, karena isinya dipengaruhi oleh argumen sutradaranya berdasarkan hasil risetnya.

Untuk memperkaya wawasan mahasiswa FIB-UNEJ, GP Wiranata memberikan 5 buah karya dokumenternya untuk bahan pembelajaran.

GP Wiranata juga mengajak kepada mahasiswa FIB-UNEJ untuk berkarya dalam film dokumenter berupa apa saja dan mengirimkan karyanya dalam berbagai festifal film. Walaupun tidak sama antara film dokumenter dengan film fiksi, GP Wiranata menjelaskan bahwa seorang sutradara film fiksi biasanya lebih baik setelah melewati pembuatan film dokumenter.

 

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »