Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Mar 31, 2016 in Berita | 0 comments

Mengenal Berita Kehumasan Universitas Jember

Mengenal Berita Kehumasan Universitas Jember

IMG_7669

Kepala Humas dan Protokoler Universitas Jember, Agung Purwanto menyampaikan bahwa seorang jurnalis humas dalam membuat berita disamping memakai kaidah-kaidah penulisan juga harus mampu mengambil sudut pandang serta nilai-nilai komunikatif kepada pembacanya. Selain membuat berita, kaidah pembuatan spanduk atau banner kegiatan juga menjadi perhatian penting bagi jurnalis kehumasan, pilihan warna, gambar dan icon atau potret seseorang yang menjadi tokoh dalam kegiatan tersebut. Agung mencontohkan untuk membuat banner wisuda, jurnalis kehumasan akan mencari tokohnya seperti wisudawan berprestasi dari mahasiswa kurang mampu yang mendapatkan beasiswa bidik misi untuk bisa diambil gambarnya bersama dengan orang tuanya saat melangkah dengan background teman-teman wisuda dibelakangnya. Harapan yang dimaksud adalah orang tuanya mengajak sarjana untuk menapak ke dunia sesungguhnya untuk dapat mewujudkan keilmuannya bukan sekedar berhasil menyelesaikan studinya semata. Warna cerah dengan harapan setelah selesai prosesi wisuda, sarjana diajak untuk meraih kehidupan yang cerah. Seorang jurnalis kehumasan akan selalu membawa institusinya, dengan demikian berita yang dihasilkan juga memandang segi positif dan negatif dari sebuah berita yang hendak disampaikannya. Demikian disampaikan Agung kepada peserta penulisan berita kepada operator website dilingkungan Universitas Jember (30/3).

Workshop lanjutan yang digelar oleh Humas dan Protokoler Universitas Jember ini baru pertama kali kita lakukan dan akan kami teruskan sebagai kepedulian Humas dalam membangun berita di masing-masing unit kerja dan unit penunjang yang ada di Universitas Jember. Selanjutnya kami akan membuat forum komunikasi operator, “Kami ingin ada sinergi yang baik antara kami sekau pengelola website unej.ac.id dengan rekan-rekan pengelola website dimasing-masing unit, karena website ini adalah wajah dari universitas maka dari itu mari kita rawat secara bersama,”  Meskipun baru pertama, respon dari operator web sangat bagus ini menunjukan bahwa mereka sangat antusias sekali,” lanjut Agung.

Beberapa Fakultas yang kami liat sudah update berita yang rutin seperti adalah Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, dan PSIK yang tergolong aktif dalam mengisi berita kegiatan di Fakultasnya masing-masing. Agung berharap setelah pelatihan nanti, para operator web bisa membuat berita yang baik dan positif dengan terus melakukan komunikasi dan koordinasi melalui forum operator web yang akan dibentuk.

Berita Terkait:

 

 

Post a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »